Saturday, June 18, 2011

Tersesat di Spanyol ... Akun Email Yahoo! anda sudah di-"hacked"

Apakah Yahoo email akun anda baru saja di "hack"?  Jangan takut, anda tidak sendirian.  Sudah banyak kasus yang terjadi terhadap pengguna komputer yang tidak sengaja menggunakan fasilitas komputer gratis misal anda ada di bandara udara atau di restoran.  Karena gratis, anda langsung menggunakan komputer tersebut tanpa memikirkan adanya kemungkinan orang telah memasang keylogger (perangkat lunak yang bermaksud mengintip semua ketikan anda pada keyboard yang anda gunakan) untuk mengambil login dan password anda.  Paling tidak itulah yang terjadi kepada seorang pengguna komputer bernama Zita Loh seperti yang diumumkan di World Cyber News.  Zita Loh seorang guru dan lebih dari 50 murid Zita menelpon beliau menanyakan Zita dan menanyakan apakah gurunya baik-baik saja.   Ternyata dalam email yang diterima murid-muridnya, menyatakan bahwa orang tersebut telah kehilangan dompetnya di spanyol (sekarang tersesat di Spanyol) dan butuh uang untuk membayar penginapannya dan biaya pesawat untuk pulang dengan nilai Euro 2650.  Ternyata belakangan, Zita Loh mengingat bahwa dia telah menggunakan komputer tersedia di Changi Airport Singapura untuk akses email dia dan dia mungkin lupa melakukan logout pada saat selesai.  Demikian juga yang terjadi dengan Theo Sambuaga, Wakil Komisaris Partai Golkar dan President dari Lippo Group minggu ini, yang menerima telepon dari teman-temannya yang mengatakan bahwa mereka menerima email dari beliau untuk meminta uang.  Email yang diterima teman-teman beliau tidak jauh berbeda modelnya dari yang diterima Zita Loh, hanya kali dari negara yang berbeda, yaitu Sheffield, UK. Silahkan disimak detil beritanya di Jakarta Globe.
Kasus-kasus diatas adalah contoh dari sekian banyak kasus yang terjadi pada pengguna akun Email Yahoo! sehingga membuat Yahoo! harus berputar otak untuk menghadapi hal tersebut diatas.  Untuk meningkatkan keamanan bagi para pengguna Yahoo! Email maka Yahoo! telah menyiapkan fitur baru yang disebut Yahoo! Sign-in Seal yang mana memberikan pengguna komputer dapat membedakan tampilan Yahoo palsu dari Yahoo yang sebenarnya.  Dengan fitur tersebut, maka pengguna Yahoo! Email dapat memberikan gambar khusus pada halaman login mereka pada saat mereka akan login, sehingga memberikan kesan login yang lebih bersifat personal, seperti tampak pada login screen dibawah:
Gambar Yahoo! Sign-in Seal Login
Dengan gambar yang anda kenal, maka anda yakin bahwa anda berada pada login page Yahoo! yang seharusnya. Dengan fitur ini, maka akun Yahoo! Email akan menampilkan tampilan khusus pada saat anda berada pada komputer yang telah terdaftar sebagai komputer yang biasa anda gunakan.  Yahoo! tidak merekomendasi untuk menggunakan fitur ini untuk kebutuhan komputer pubik (bahkan tidak dianjurkan karena komputer yang sifatnya publik).
Pengguna Yahoo! Email dapat memilih 1 dari 2 opsi untuk fitur Sign-in seal:
Opsi Pertama - Text Seal
Pengguna Yahoo! Email memasukkan maksimum 21 karakter pengenal pada saat login.  Jangan menggunakan text yang berhubungan dengan login dan password anda.
Opsi Kedua - Image Seal
Pengguna Yahoo! Email menggunakan gambar khusus untuk pengenal pada saat login.
Bagi para pengguna yang sudah memiliki akun Yahoo! Email bisa langsung melakukan setting sign-in seal untuk meningkatkan keamanan akun Yahoo Email lewat URL ini.  Ingat semua password yang anda buat selalu usahakan mencampur unsur karakter, angka dan karakter spesial (#, $, dll).

Salam iman selalu ...

No comments:

Post a Comment