Monday, June 6, 2011

Tingkatkan keamanan Gmail anda menggunakan Verifikasi 2 Tahap

Umumnya pengguna gmail sudah terbiasa dengan login dan password yang tersedia (seperti gambar dibawah), hanya saja dengan meningkatnya kejahatan pencurian informasi menggunakan email (baca artikel yang dipublikasikan pada 4 Juni yang lalu) maka keamanan untuk login dengan cara tradisional lebih rentan.  Untuk meningkatkan keamanan dalam menggunakan gmail, maka google telah menyediakan verifikasi 2 tahap melalui artikel google khusus mengenai 2-step verification (verifikasi 2 tahap).
Verifikasi 2 tahap ini dapat digunakan untuk mengamankan aplikasi spesifik anda atau gmail anda.  Artikel ini fokus untuk membantu anda dalam setup verifikasi 2 tahap gmail anda.  Dengan verifikasi 2 tahap maka pada saat anda login, anda akan diminta memasukkan password anda dan angka yang dikirim melalui handphone anda. Adapun proses login atau verifikasi 2 tahap sebagai berikut:
Verifikasi tahap pertama
Verifikasi tahap ke-dua
Google juga menyediakan video penjelasan bagaimana verifikasi 2 tahap dapat dilakukan.  Yang anda butuhkan adalah: 
  • Handphone standar anda 
  • Blackberry, iPhone, iPad dan semua alat yang dapat menjalankan Google Authenticator
Untuk penjelasan meng-instalasi Google Authenticator, silahkan simak petunjuk di sini.  Google juga menyediakan cara untuk mengatasi apabila sampai handphone anda hilang, semuanya diberi petunjuk step-by-step dengan masuk ke web site ini.  Atau anda dapat masuk ke personal setting anda seperti tertera dibawah:
Perlu diketahui bahwa fitur ini sudah dinikmati klien korporat google hampir 1/2 tahun sebelum diperkenalkan kepada penggunan umum sekarang. Selamat mencoba ... kita terus tingkatkan keamanan informasi kita ...

Salam iman selalu ...

No comments:

Post a Comment