Saturday, June 4, 2011

Waspada !!! Pengguna Gmail - Google Email

Penyedia jasa Email gratis berbasis Web, GMAIL, baru saja mempublikasi bahwa gmail account dan penyedia jasa web email lainnya menjadi sasaran para hacker untuk mendapatkan informasi rahasia pemerintah Amerika Serikat, untuk detil informasinya dapat disimak pada web site berikut.  Strategi yang digunakan para hacker kali ini adalah menggunakan malware (perangkat lunak dengan niat jahat) dan phishing (memancing dengan cara meniru web site aslinya dengan tujuan mendapatkan akun yang bersangkutan) dan kali ini hacker terdeteksi berasal dari Jinan, Cina.
Gmail memberikan fasilitas pada pengguna untuk melakukan fowarding (meneruskan ke email lainnya) atau memberikan akses kepada orang lain untuk mengakses akun pengguna.  Dengan cara inilah, para hacker mencuri akun-akun email pengguna, walaupun ini bukan kelemahan sistem gmail tetapi digunakan hacker untuk mendapatkan informasi yang mereka cari.
Untuk memberikan keamanan bagi pengguna gmail, Google menyediakan keamanan sebagai berikut:
1. Verifikasi 2 tahap dimana pada saat login, google akan mengirimkan kode tertentu ke nomor handphone anda agar proses login bisa dilanjutkan.  Proses tersebut dapat dilihat pada gambar berikut:
Gambar 1 - Verifikasi 2 tahap
2. Memeriksa forwarding address dan delegated account anda (apakah ada penambahan setting diluar dari yang anda sudah lakukan) dengan melihat bagian berikut:
Gambar 2.1 - Forwarding address
Gambar 2.2 - Delegated account
Selain daripada petunjuk diatas, Google tetap menganjur menggunakan password yang sulit untuk dicari dengan menggunakan campuran karakter dan angka serta karakter spesialnya lainnya seperti #, $, &, dan lainnya. Sebagai contoh password yang baik mempunyai minimal 8 karakter ke atas, misalnya $3lam4tD4tang (dengan kata aslinya Selamat Datang).  Disamping itu, demi keamanan pengguna gmail, Google tidak akan pernah melakukan email untuk meminta anda mengirim password anda lewat email.  Informasi yang berkaitan dengan keamanan dalam menggunakan gmail dapat disimak di sini.  Cara men-setup akun gmail anda dengan verifikasi 2 tahap dapat disimak pada artikel ini.

Salam iman selalu ...


No comments:

Post a Comment