Thursday, June 9, 2011

Fitur Facebook Terbaru Pengindera Wajah menimbulkan isu Privasi

Facebook diam-diam memperkenalkan fitur baru, yaitu penginderan wajah kepada para pengguna Facebook sehingga memudahkan pengguna Facebook dalam melakukan tag foto-foto yang diunggah ke facebook, berita tersebut dipublikasikan lewat situs blog facebook.  Fitur baru ini membawa isu baru mengenai privasi pengguna , yang mirip dengan kejadian saat google memperkenalkan fitur Buzz, seperti yang pernah saya bahas dalam artikel pada bulan Februari 2010 yang lalu.  Bahkan EU mulai menyelidiki fitur baru facebook ini seperti yang diberitakan Business Week.
Fitur Baru Facebook membuat Foto Tag menjadi lebih mudah

Yang menjadi masalah pada fitur tersebut adalah fitur tersebut sudah langsung "enabled" pada setiap akun pengguna facebook sehingga pengguna harus memilih opsi "disabled" bila tidak ingin digunakan seperti gambar dibawah.
Opsi "Enabled" yang menimbulkan isu privasi pada facebook

Anda dapat meng-"disabled" fitur ini dengan meng-klik link berikut.  Untuk sementara fitur ini belum terlalu kelihatan bermasalah namun mempunyai potensi menimbulkan isu privasi.  Kita lihat dampak dari fitur tersebut dalam minggu dan bulan mendatang.

Tingkatkan keamanan dalam menggunakan internet selalu ...

Salam iman ...

No comments:

Post a Comment