Friday, September 9, 2011

Transaksi Kejahatan melalui Internet lebih besar dari Transaksi Obat Terlarang

Perusahaan Global yang bergerak di bidang Keamanan Internet, Norton, baru-baru ini mengumumkan bahwa transaksi kejahatan di dunia maya atau internet (diperkirakan sekitar 388 miliar USD) jauh melampaui kejahatan penjualan obat terlarang (sekitar 288 miliar USD).  Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa:
Setiap detik ada 14 orang dewasa per jam yang menjadi target kejahatan Internet
Dari hasil survei, 74% mengatakan bahwa mereka sadar akan adanya kejahatan di dunia Internet, namun 41% mengatakan mereka jarang menggunakan perangkat lunak yang selalu "up to date."  Yang lebih mengerikan lagi, 61% responden masih menggunakan password yang mudah ditebak.

Penemuan yang lain juga menunjukkan 80% dari pengguna internet yang mengalami kejahatan lewat Internet, mengakses situs-situs dewasa (67% yang tidak mengakses situs-situs dewasa).  Demikian juga ditemukan 77% responden mengalami kejahatan lewat Internet adalh pengguna "Free WIFI" (dibandingkan dengan 62% yang tidak menggunakan "Free WIFI").  Berita diatas juga dilansir the register dari Inggris.

Penemuan yang menyedihkan adalah hanya 20% yang melaporkan kejadian kejahatan yang dialami mereka ke badan yang berwenang atau polisi dan alasan mereka (sekitar 60%) bahwa tidak ada solusi yang jelas dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.  90% dari responden setuju bahwa banyak yang harus dilakukan untuk meningkatkan keamanan di dunia Internet.

Salam iman

No comments:

Post a Comment