Saturday, September 10, 2011

Ukur Pengetahuan Keamanan Facebook Anda

Untuk lebih meningkatkan keamanan para pengguna Facebook, Facebook berusaha mengedukasi para penggunanya lewat berbagai media termasuk lewat situs Facebook sendiri.  Para pengguna bahkan dapat mengukur pengetahuan mereka tentang keamanan pada Facebook dengan mengikuti security quiz yang diadakan oleh Facebook lewat halaman ini. Bila anda lulus dari quiz tersebut maka anda berhak menyandang badge Facebook security seperti terlihat pada gambar disamping.  Untuk bisa menyandang badge tersebut maka semua peserta wajib menjawab 7 pertanyaan yang masing-masing pertanyaan mencakup kategori pertanyaan tentang keamanan informasi tentang facebook.  Adapun 7 kategori pertanyaan tersebut adalah:

  1. Keamanan Password (Password Security)
  2. Informasi Pribadi (Personal Information)
  3. Berita dan link (Messages and Links)
  4. Keamanan Browser (Browser Security)
  5. Keamanan Komputer (Computer Security)
  6. Pengamanan Akun (Account Safeguards)
  7. Pelaporan (Reporting )
Agar anda dapat menjawab pertanyaan quiz pada halaman diatas, saya coba tulis beberapa pengetahuan dasar untuk setiap topik diatas.

Keamanan Password
Password disarankan dirubah secara berkala dan menggunakan password dengan kriteria lebih dari 8 karakter dengan kombinasi huruf, angka dan karakter spesial

Informasi Pribadi
Tidak memberikan informasi kepada siapapun dalam bentuk apapun atau lewat apapun, kalau anda tidak mengenal sama sekali siapa (sumber) yang meminta.

Berita dan Link
Tidak selalu meng-klik semua link yang diberikan tanpa memeriksa secara teliti asal dari link tersebut. Perhatikan dan lihat apakah ada perbedaan URL pada link tersebut dengan link yang tertulis, atau link yang anda kenal benar URL-nya.

Keamanan Browser
Pastikan versi browser yang anda gunakan (IE, Firefox, Chrome, Safari, dll) selalu "up to date" dengan melihat melalui menu HELP atau ABOUT.

Keamanan Komputer
Selalu gunakan sistem operasi yang asli dan versi yang "up to date."  Juga gunakan perangkat lunak seperti anti-virus, anti phishing, anti spyware dan firewall.

Pengamanan Akun
Facebook selalu memberikan informasi terbarunya lewat halaman ini, termasuk bagaimana cara menggunakan tool yang disediakan.

Pelaporan
Pada saat anda menemukan adanya penipuan, pastikan anda melaporkan URL atau link dimana anda penipuan tersebut berlangsung.

Facebook berharap dengan terus menginformasikan para pengguna mengenai komponen keamanan pada Facebook maka pengguna Facebook merasa aman dan nyaman ...

Salam iman

No comments:

Post a Comment