Friday, December 16, 2011

Akun Email Yahoo! telah di "Hack"

Beberapa hari yang lalu, teman saya menginformasikan via email bahwa email atasannya telah di"hack."  Dalam penjelasannya, akun Email yang di"hack" adalah akun Email Yahoo! dimana korban tidak dapat login (password yang dimasukkan tidak berlaku lagi).  Kasus seperti ini sering terjadi untuk akun email yang menggunakan password yang mudah ditebak.  Untuk memilih password yang tidak mudah ditebak maka pilihlah password minimal 8 character dengan gabungan huruf dan angka misal saja: Pr1m3rev4.
Kembali kepada topik akun email Yahoo! yang telah di"hack" maka langkah pertama yang anda bisa lakukan adalah berkunjung ke situs yang telah disediakan yahoo yaitu: http://security.yahoo.com.  Dalam situs tersebut anda akan mendapat informasi mengenai berbagai keamanan yang berhubugan dengan email, untuk kali ini kita akan membahas akun email yang telah di"hack," dimana si korban tidak dapat masuk ke email akun pribadinya.
Untuk kasus yang berkaitan dengan tidak bisa akses akun, anda bisa masuk ke link berikut: https://edit.yahoo.com/forgotroot/  Dalam situs tersebut, anda dapat melaporkan salah satu diantara 4 hal berikut:

  • Anda lupa password anda (I forget my password)
  • Password anda tidak berfungsi (My password doesn't work)
  • Anda lupa Yahoo! ID anda (I forgot my Yahoo! ID)
  • Akun anda telah diambil alih (My account has been compromised)
Sesuai dengan opsi yang anda pilih maka Yahoo! akan membantu anda menyelesaikan masalah akun email Yahoo! anda.  Bila anda memilih pilihan yang terakhir (akun anda telah diambil alih), maka akan muncul pilihan menurut berikutnya:
Tahapan berikutnya adalah anda akan diminta untuk mem-verfikasi indentitas anda, setelah verifkasi sudah dilakukan maka password anda akan di"reset" ulang.

Salam iman

2 comments:

  1. Anda dapat memeriksakan yahoo account anda, apakah masih terkategorisasi aman atau tidak melalui situs berikut:

    http://labs.sucuri.net/?yahooleak

    ReplyDelete
  2. Research has shown that as much as 50% web user, are very pleased with the efficient gmail customer service. The customer services are built by a team of professional who are highly competent in addressing gmail problems at the drop of a hat. click here

    ReplyDelete